Cara Hemat Listrik di Rumah dan Manfaatnya

 


Listrik merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia, oleh karena itu penting untuk menghemat penggunaan listrik. Baik di rumah, di kantor dan di mana saja kita perlu menghemat listrik. 

Tanpa listrik, kita tidak dapat melakukan aktivitas apapun. Semua kegiatan kita sehari-hari tanpa disadari sangat memerlukan energi listrik. Dampaknya sangat terasa saat listrik mati bukan? 

Lalu apa sih alasan kita harus menghemat listrik? Berikut penjelasannya! 

Alasan Mengapa Kita Harus Menghemat Listrik

Cara hemat listrik di rumah


1. Menghemat Biaya 

Semakin banyak kita menggunakan listrik, maka tagihan akan makin membengkak. Menghemat listrik bisa menurunkan tagihan atau menghemat biaya membeli token listrik. 

Uang yang harusnya dipakai untuk membeli token listrik atau tagihan listrik bisa dialokasikan ke hal lainnya. 

2. Menjaga Perangkat Elektronik Tidak Cepat Rusak

Mematikan aliran listrik pada perangkat listrik yang sedang tidak digunakan akan membuat perangkat tersebut lebih awet. 

3. Menjaga Kelestarian Lingkungan 

Listrik dihasilkan dari batubara yang pengolahannya sangat tidak ramah lingkungan. Semakin banyak listrik yang dipakai, maka kebutuhan listrik makin meningkat. Aktivitas pengolahan batubara sebagai bahan bakar menyisakan limbah berupa emosi karbon CO2 yang dapat merusak atmosfer bumi. 

Kerusakan atmosfer bumi dapat memicu pemanasan global yang makin parah. Menghemat listrik kita juga akan menjaga bumi dari kerusakan dan menjaga lingkungan agar tetap lestari. 

4. Menghemat Bahan Bakar Fosil 

Listrik dihasilkan dengan mengolah bahan bakar fosil yang tidak dapat diperbaharui yaitu batubara. Butuh jutaan tahun untuk mendapatkan bahan bakar ini. Oleh karena itu, kita harus menghemat listrik, agar cadangan batubara juga bisa dihemat untuk kebutuhan listrik di masa depan. 

5. Mencegah Pembangkit Listrik dari Kerusakan

Tingginya pemakaian listrik dapat menyebabkan kerusakan pada pembangkit listrik. Makin banyak listrik yang dihasilkan, maka generator pembangkit listrik akan makin bekerja keras untuk menghasilkan listrik. Kerusakan PLTU berdampak pada pemadaman listrik yang sangat merugikan. 

Karena itu, menghemat listrik juga dapat memelihara alat pembangkit listrik agar tetap bekerja dengan baik. 

6. Kapasitas Pembangkit Listrik yang Terbatas

Saat ini kapasitas pembangkit listrik sangat terbatas jumlahnya. Pemborosan listrik dapat membuat pembangkit listrik bekerja di luar kapasitasnya. Hal ini tentu tidak baik untuk pembangkit listrik karena bisa menyebabkan kerusakan. 

7. Masih Banyak Daerah yang Belum Menerima Aliran Listrik 

Kita patut bersyukur jika tinggal di daerah yang sudah menerima pasokan listrik melimpah. Masih banyak daerah yang belum dijangkau aliran listrik. Kita sepatutny menghemat listrik agar mereka bisa menikmati pasokan listrik juga. 

8. Menghemat Subsidi

Menghemat listrik juga berarti menghemat subsidi negara untuk listrik. Makin hemat anggaran yang dikeluarkan negara, maka perekonomian juga tetap terjaga. 

Menghemat listrik dapat menjaga keuangan negara tetap aman dan stabil. Ekonomi negara stabil maka ekonomi penduduk juga ikut stabil. 


Cara Menghemat Listrik dari Rumah

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menghemat listrik dimulai dari rumah. 

Cara hemat listrik


1. Matikan Peralatan Elektronik yang Tidak Digunakan

Biasakan selalu mematikan perangkat elektronik yang tidak terpakai, seperti TV, kipas angin, magic com, AC, dll. Cabut charger HP atau laptop yang masih menancap di stop kontak. 

Matikan lampu saat ruangan tidak dipakai. Kabel dispenser juga sebaiknya dicabut jika sedang tidak membutuhkan air panas. 

2. Ganti Alat Listrik yang Hemat Energi

Mengganti semua lampu dengan lampu hemat energi atau sering dikenal juga lampu LED. Jenis lampu ini terang namun energi yang digunakan cukup rendah. 

Pilih perangkat elektronik yang memiliki fitur hemat energi atau watt kecil. Ganti kulkas tua yang menyedot banyak listrik. 

3. Membuat Rumah Lebih Terbuka dengan Ventilasi

Cahaya matahari yang masuk melalui pintu dan jendela akan membuat rumah lebih terang di siang hari. Sehingga mengurangi penggunaan lampu selain itu rumah jadi lebih sejuk sehingga tidak perlu bantuan AC atau kipas angin.

Menanam pohon di sekitar rumah juga bisa membantu rumah jadi makin sejuk. 

4. Menggunakan Laptop daripada PC 

Laptop memiliki banyak keunggulan dibandingkan PC, selain mudah dibawa-bawa dan dipindahkan, ternyata energi listrik yang dibutuhkan juga lebih kecil. Selain itu, tidak perlu menghubungkan laptop ke sumber listrik terus-menerus seperti pada PC. 

5. Mengeringkan Pakaian Secara Alami 

Jika sedang cerah, jemurlah pakaian di bawah sinar matahari langsung tanpa menggunakan fitur pengering pada mesin cuci. Metode ini bisa kamu gunakan untuk lebih menghemat listrik. 

6. Hemat Air 

Penggunaan air juga dapat menghemat listrik yang dipakai untuk menyalakan pompa air. Makin irit penggunaan air maka akan makin sedikit listrik yang digunakan untuk menghidupkan pompa air. 

7. Mematikan Rice Cooker 

Makan nasi hangat memang enak, namun membiarkan rice cooker menyala sepanjang hari juga menyebabkan boros listrik. Lebih baik mematikan rice cooker setelah nasi matang dan hangatkan kembali 30 menit sebelum makan. 

8. Membuat Jadwal Mencuci dan Setrika

Mencuci tiap hari bisa menyebabkan boros listrik dan juga air. Sebaiknya jadwalkan mencuci pakaian seminggu dua kali atau tiga kali. Tidak perlu menyetrika semua pakaian. Lipat dan setrika langsung sehabis mengangkat jemuran. Baju yang terkena hangatnya matahari akan lebih mudah halus saat dilipat dan disetrika. 

9. Bersihkan Kulkas Secara Teratur

Bersihkan kulkas dari sisa makanan dan bunga es. Kulkas yang penuh akan membuat kinerja kulkas jadi lebih boros listrik. Atur suhu kulkas sesuai keperluan. Jika sedang kosong atur di suhu rendah agar hemat listrik. 

10. Matikan Lampu Saat Tidur

Mematikan lampu saat tidur akan menghemat listrik. Selain itu, kebiasaan tidur tanpa lampu juga berdampak baik pada kesehatan. 

Nah, itu dia cara menghemat listrik dari rumah dan manfaatnya. Jika kamu memiliki ide lain untuk menghemat listrik boleh nih tambahkan di kolom komentar. 

Semoga artikel ini bermanfaat :)) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Tips Menghemat Uang dalam Rumah Tangga

Jogja Darurat Sampah, Saatnya Kurangi Potensi Sampah